Disable/enable akun root di Ubuntu

Tuesday, March 13, 2012

print this page
send email

Di Linux (dan Unix pada umumnya), ada akun superuser yang bernama root. Jika di Windows, Root ini setara akun Administrator. Superuser dapat melakukan apa saja, dan dengan demikian jika melakukan aktivitas/pekerjaan sehari-hari dengan akun superuser dapat berbahaya. Mungkin saja kita bisa mengeketikkan perintah yang salah dan akhirnya menghancurkan sistem. Idealnya, saat kita menjalankan aktifitas sehari-hari di akun user saja yang hanya memiliki hak yang diperlukan saja.
Secara default akun root di Ubuntu statusnya terdisable, dan perintah su belum bisa digunakan jika akun rootnya sendiri belum di set. Namun akun root ini ada dalam sistem hanya saja belum kita siapkan.
Dari kebanyakan kebiasaan akun root ini di enable setelah Installasi sistem Ubuntu sudah selesai, tak lain tujuannya hanya untuk memudahkan konfigurasi kedepannya saja ketimbang harus memakai sudo (superuser do). Jika kalian menganggap hal ini cukup riskan dan berbahaya maka kita juga dapat mendisable akun root ini jika sudah kurang diperlukan lagi, mendisable akun root ini juga tidak berefek suatu konfigurasi yang telah kita lakukan di sistem akan hilang.
Untuk manual managemen akun ini dapat kita lihat dari konsole seperti berikut :

passwd --help
man passwd

Dalam contoh praktek, disini misalkan saya akan mendisable/lock akun root pada ubuntu server yang sudah berfungsi dan melayani klien di belakangnnya, akun usernya ialah ncuptea, maka dari konsole akun ncuptea :
ncuptea@host:/home/umum$ sudo passwd -l root

dan jika ingin meng-enablekan kembali akun root mudah saja cukup dengan cara sebagai berikut :
ncuptea@accer:/home/umum$ sudo passwd -u root

sumber asli : ncupisme.blogspot.com

No comments:

Post a Comment