Membuat webserver di ubuntu 10.04

Saturday, April 21, 2012

print this page
send email

image Salam hangat dari sanca, kali ini saya mau mencoba membagikan tutorial sederhana tentang bagaimana cara membuat webserver localhost pada ubuntu 10.04 kita.

Sebelumnya ada yang bertanya kepada saya, buat apa sih install kaya ginian? Mungkin untuk sebagian orang hal ini tidak bermanfaat, tapi saya yakin buat para website developer, hal ini sangat bermanfaat sekali. Karena biasanya sebelum seseorang itu membuat site, pastinya dia akan melakukan uji coba terlebih dahulu di localhost. Nah, untuk melakukan hal itu, maka saya anggap perlu buat ngikutin tutorial ini. :D

Ok, ikutin yah step by stepnya:

1- Install dulu lamp-server pada ubuntu anda dengan mengetikan perintah dibawah ini:

apt-get install lamp-server^

Ingat, anda jangan sampai lupa untuk mengetikan tanda "^" diakhir. Karena tanpa anda mengetikan tanda itu, Proses installasi tidak akan berhasil. Atau nantinya system kita tidak akan menemukan software yang kita maksud..

2- Tunggu proses installasi sampai keluar tampilan yang memerintahkan kita untuk memasukan password buat root MySQL kita, isikan aja sesuai keinginan anda.

3- Setelah anda memasukan password untuk user root MySQL anda tersebut, proses installasi akan dilanjutkan sampai selesai. Disini anda sudah berhasil meng-install lamp-server pada komputer anda.

4- Langkah selanjutnya adalah melakukan testing pada localhost kita apakah sudah berjalan atau belum, caranya anda cukup memasukan URL: http://localhost pada browser anda. Apabila hasilnya adalah tulisan "It's Work", berarti anda sudah berhasil.

5- Sekarang lakukanlah testing PHP nya. Dengan cara membuat file testing.php yang isinya adalah untuk menampilkan informasi dari php yang kita miliki. Caranya sebagai berikut:

- ketik perintah ini diterminal : sudo gedit /var/www/testing.php

- masukan code ini pada file testing.php tersebut, Save and close : <?php phpinfo(); ?>

- Setelah itu kita restart apache kita dengan mengetikan perintah ini pada terminal anda : sudo /etc/init.d/apache2 restart

- Lalu kita coba kembali testing dengan memasukan URL berikut ini pada browser anda: http://localhost

- Nanti hasilnya adalah, kita dapat melihat informasi tentang php yang kita miliki.

6- Selanjutnya kita coba untuk mengkonfigurasikan MySQL agar bisa bound ke localhost kita. Karena saya ingin MySQL nya bisa bound ke localhost, maka MySQL bind-address nya harus tertuju ke : 127.0.0.1. Mari kita check apakah sudah bound ke localhost atau belum, dengan cara mengetikan perintah dibawah ini:

- cat /etc/hosts | grep localhost

anda bisa melihat hasilnya pada my.cnf milik MySQL (file konfigurasi MySQL)

- cat /etc/mysql/my.cnf | grep bind-address

anda akan melihat hasilnya seperti dibawah ini:

bind-address = 127.0.0.1

Kalau benar seperti diatas, maka MySQL anda sudah binding ke localhost.

7- Selanjutnya anda tinggal menginstall PHPMyAdmin. Apabila anda merasa phpmyadmin ini dianggap tidak perlu, maka anda bisa melewatkan proses installasi phpmyadmin ini. Tetapi kalau anda merasa kurang familiar dengan perintah-perintah MySQL, anda bisa terbantu dengan phpmyadmin ini. Ikuti cara installasinya dibawah ini:

- Masukan perintah dibawah ini pada terminal untuk melakukan installasi phpmyadmin : sudo apt-get install libapache2-mod-auth-mysql phpmyadmin

- Apabila keluar pilihan untuk automatic configuration, pilih ok.

- Nanti akan ada pilihan lagi untuk memilih webservernya, pilihlah yang apache2 dan OK

- Tunggu sampai keluar tampilan untuk memasukan password MySQL anda.

- Selanjutnya akan keluar lagi tampilan untuk memasukan password phpmyadmin nya, klik Ok dan nanti akan ada confirmasi password.

- Terus pilih OK, dan installasi phpmyadmin sudah berhasil.

8- Lakukanlah testing phpmyadmin yang barusan kita install dengan cara memasukan URL ini pada browser anda: http://localhost/phpmyadmin

9- Kalau berhasil, nanti akan keluar tampilan phpmyadmin nya.

Selesailah sudah kita membuat webserver pada localhost.

sumber : si-sanca.webege.com

No comments:

Post a Comment